Jusuf Kalla Menaruh Perhatian Terhadap Masalah Laut China Selatan

Zombiedefense.org – Menjadi pembuka dalam acara The 7th southeast Asian Studies Symposium 2018 di Kampus Universitas Indonesia, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dalam pidatonya menuturkan perhatiannya terhadap polemik di laut China Selatan yang dialami oleh negara ASEAN.

Sebelum Jusuf Kalla yang menaruh perhatian terhadap masalah laut China Selatan, KTT ASEAN sudah lebih dulu menjadikan masalah laut China Selatan ini sebagai salah satu topik pembahasan disetiap rapat KTT ASEAN.

Seperti yang diketahui jika laut China Selatan menjadi perebutan dari empat negara anggota Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara yakni (Malaysia, Brunei, Vietnam dan Filipina).

“Bagaimana mempersatukan ASEAN untuk menghindari suatu kekuasaan daripada negara-negara yang lebih besar seperti China. Seperti Laut China Selatan. Ini juga yang jadi tantangan. Apalagi menghadapi Laut China Selatan,” tutur Kalla di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat.

Masalah perebutan ini memang sulit diselesaikan karena setiap negara yang terlibat dalam perebutan ini mempunyai kepentingan sendiri. Tidak hanya itu, JK juga berharap ekonomi ASEAN dapat bersaing dengan negara lain.

“Itu sangat penting sekali mengingat bahwa di ASEAN ini negara ke-10 ASEAN itu sangat berbeda dari sisi income per kapitanya, dari sisi ekonominya,” tegasnya JK.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Jusuf Kalla berharap ASEAN bisa lebih meningkatkan keamanan. Selain itu, ia juga berharap solusi masalah-masalah regional dapat dibahas dan diselesaikan.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *