Tiga Jembatan Gantung Akan Dibangun Pemerintah Gunungkidul

Zombiedefense.org – Berkeinginan memudahkan akses warga di Gunungkidul, pemerintah kabupaten Gunungkidul menegaskan akan membangun 3 jembatan gantung yang akan selesai pada tahun ini.

Sebagai informasi, pada November 2017 lalu Jembatan penghubung antara masyarakat di Kabupaten Gunungkidul hancur karena terjangan bencana banjir. Dan untuk beraktivitas para warga terpaksa meniti tali yang telah dipasang sisetiap ujungnya atau memutar arah saat bepergian.

“Targetnya tahun ini mulai dibangun 3 jembatan gantung pengganti jembatan yang rusak akibat diterjang banjir dulu,” jelas Kadis Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul, Edy Praptono.

Jembatan yang akan dibangun antara lain adalah Jembatan Jelok di Kecamatan Patuk sepanjang 84 meter. Kemudian Jembatan Wonolagi di Kecamatan Playen sepanjang 84 meter. Terakhir Jembatan Mojorejo di Kecamatan Nglipar sepanjang 60 meter.

Edy menjelaskan, jika saat ini Pemda Gunungkidul sedang melakukan penelitian untuk melengkapi dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL). Setelah selesai, dokumennya akan diserahkan ke pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti.

“Kalau targetnya (3 jembatan gantung) selesai akhir tahun. Sementara nanti untuk (jembatan) yang lain akan menyusul diperbaiki,” katanya.

Seorang warga Dusun Jelok, Desa Beji, Kecamatan Patuk, Sukri mengatakan, pasca banjir akhir November 2017 lalu akses warga terganggu akibat jembatan rusak. Akhirnya, pasca banjir warga memilih menyeberangi Sungai Oya memakai perahu saat bepergian.

“Karena kalau putar arah jauh. Makanya warga sini lebih mengandalkan perahu sebagai sarana penyeberangan,” tutupnya.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *