Teleskop Hubble Milik NASA Amati Exoplanet Mirip Yupiter

 

 

 

Zombiedefense.org – Teleskop Hubble kepunyaan NASA yang mengamati planet di luar tata surya yaitu exoplanet, teleskop menemukan sebuah planet yang memiliki permukaan seperti aspal. Karena permukaan tersebut hampir tidak memantulkan cahaya.

Exoplanet tersebut WASP-12b yang disebut sebagai ‘Yupiter-panas’, karena ukurannya yang besar yang tersusun dari gas dan mengelilingi sangat dekat dengan bintang induknya yang memiliki suhu yang panas.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan Astrophysical Journal Letters , planet tersebut dapat mengambil cahaya dan menjebak setidaknya 94 sinar yang jatuh di atmosfernya.

“Kami tak mengira akan menemukan exoplanet gelap seperti itu,” kata pemimpin peneliti, Taylor Bell di McGill University dan Institute for Research on Exoplanets di Montreal, Quebec, Kanada.

“Sebagian besar Yupiter-panas merefleksikan sekitar 40 persen cahaya,” ungkap Taylor Bell.

Dilansir dari The Indian Express, WASP-12b berjarak 3,2 juta kilometer dari bintang induknya dan mengakhiri orbitnya satu kali setiap harinya. Dia mengorbit bintang seperti matahari yang berjarak 1.400 tahun cahaya di konstelasi Auriga.

Oleh karena itu, awan tidak dapat dibentuk untuk memantulkan cahaya ke angkasa. Dan sebagai penggantinya, cahaya masuk melalui atmsfer planet dimana akan diserap oleh atom hidrogen dan diubah menjadi energi panas.

Tetapi pada malam hari, keadaan exoplanet justru sangat berbeda dengan pada siangnya. Pada malam hari exoplanet berada pada suhu 1.093 derajat Celcius lebih dingin dari pada siang harinya. Pada situasi tersebut, uap air serta awan kemungkinan akan terbentuk.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *