Begini Penjelasan Ilmiah Mengenai Hujan Satu Rumah di Tebet

 

 

Zombiedefense.org – Sebuah video yang diupload oleh akun @febicil membuat heboh warganet, video tersebut memperlihatkan fenomena alam yang terjadi di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Fenomena hujan yang hanya mengguyur satu rumah dan disamping kanan dan kirinya tidak basah sama sekali sehingga membuat para warganet terheran-heran.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hary Tirto Djatmiko menanggapi mengenai fenomena alam tersebut menurutnya kejadian tersebut bisa saja terjadi.

“Jika ditinjau dari sisi fenomena cuaca hujan lokal, bahkan sangat lokal dimungkinkan terjadi. Namun dengan syarat dan ketentuan berlaku di mana parameter cuacanya terpenuhi,” ungkapnya.

Hary juga menjabarkan determasi yang harus dipenuhi supaya terjadi hujan lokal. Menurut dia hujan lokal terjadi tergantung dari berbagai faktor diantaranya penguapan, suhu, dan kelembaban udara. Selain itu, kecepatan angin dan awan juga mempengaruhi adanya hujan lokal tersebut

“Fenomena tersebut bisa terjadi pada masa transisi/pancaroba maupun musim kemarau, biasanya terjadi antara siang dan menjelang malam dengan durasi singkat (tidak lama),” kata Hary.

Dia juga menjelaskan beberapa waktu belakangan cuaca diselimuti angin kencang di atas rata-rata. dan keadaan ini menyebabkan potensi pembentukan awan hujan sangat kecil.

“Jadi ada syarat parameter cuaca tidak terpenuhi yaitu angin kencang dan kelembaban yang relatif cukup lemba, sehingga kemungkinan kecil sekali dan sulit terjadi kalau kejadian sifatnya alami,” jelasnya.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *