Uji Coba Penerbangan Pesawat N219 Karya Anak Bangsa

 

 

Zombiedefense.org – Uji coba penerbangan pertama Purwarupa pesawat pertama N219 karya anak bangsa dari PT Dirgantara Indonesia (Persero) dilakukan di landasan pacu Bandara Husein Sastranegara, Jalan Padjadjaran Nomor 154, Kota Bandung, Rabu (16/8/2017).

Pada pukul 09.10 WIB tadi pagi uji coba penerbangan pertama pesawat tersebut dan dilihat langsung oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, Direktur Jenral Perhubungan Udara Agus Santoso, Dirut PT Dirgantara Indonesia (DI) Budi Santoso serta seluruh deretan Direksi dan Dewan Komisaris PT DI.

Dikutip dari Antara, uji coba tersebut dilaksanakan setelah mendapat sertifikat dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasionalan Pesawat Udara Kementerian Perhubungan untuk purwarupa pesawat N219.

Uji penerbangan pesawat ini dilakukan oleh pilot Kapten Esther Gayatri Saleh dan ko-pilot Kapten Adi Budi Atmoko, dan pilot Esther ini merupakan pilot wanita yang dispesialisasikan sebagai penguji coba pesawat baru.

Selain itu, pada uji coba penerbangan ini Ir Yustinus K diikut sertakan dan bertugas sebagai Flight Test Engineer untuk memastikan setiap tahap uji penerbangan dilakukan dengan baik dan benar serta terjamin faktor keselamatannya.

Uji penerbangan purwarupa pesawat N219 ini dilaksanakan sekitar 20 menit dengan rute di kawasan Batujajar dan Waduk Sanguling. PT DI mengembangkan pesawat model turboprop (baling-baling) yang dimanfaatkan untuk penerbangan komersial jarak pendek.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *