Pesan Ganjar Untuk Para Pemudik

Zombiedefense.org – Pemudik yang berencana untuk mudik ke kampung halamannya diharap tidak perlu membaa barang bawaan terlalu banyak karena akan membahayakan bagi pemudik. “Barang-barang yang dibawa tidak usah banyak-banyak, seperlunya saja. Biasanya kalau mudik kan semuanya dibawa,” ungkap Ganjar, Gubernur Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo mengimbau pada pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk menaati aturan lalu-lintas. Pemudik yang menggunakan sepeda motor tidak berboncengan tiga, empat bahkan lima orang. Namun cukup dipakai dua orang saja.

“Yang pakai sepeda motor gak boleh cenglu (bonceng tiga), ceng pat (boncengan empat), dan ceng ma (boncengan lima). Boncengannya dua saja. Gak boleh barang banyak. Bikinlah mudik itu bahagia,” ungkap Ganjar Pranowo, Rabu (14/6/2017).

Menurutnya kunjungan kerja di Kabupaten Pekalongan untuk memantau persiapan arus mudik lebaran tahun ini. Pihaknya jauh-jauh hari sebelumnya telah membentuk panitia mudik 2017 seperti pada tahun 2016 lalu.

“Jawa Tengah siap semua, hari Senin kita sudah simulasi. Semua sudah diatur baik traffic managemen, jalur alternatif, rambu-rambu suporting system, termasuk kesehatan, kebencanaan dan sebagainya,” katanya.

Menurutnya di wilayah Jawa Tengah ada beberapa titik yang dimungkinkan rawan seperti di daerah Salatiga.

“Seperti di Salatiga, keluar dari Tingkir itu menyempit. Potensi di tempat itu area macet, makanya kita taruh banyak orang,” paparnya.

Pada tahun 2017 ini, pihaknya akan menggunakan suporting lebih banyak, seperti di Brebes ada ambulance sepeda motor. Pihaknya meminta kepolisian untuk helikopter pantauan udara. Heli Basarnas standby di Gringsing, dan heli dari Angkatan Darat juga distandbykan.

“Bila ada situasi yang membutuhkan rescue cepat teratasi,” katanya.

Oleh karena saat arus mudik dipastikan akan macet, dia meminta pemudik menyiapkan mental, logistik atau perbekalan dan obat-obatan.

“Macet itu eksotisme-nya mudik. Karena itu mental disiapkan, bawa logistik, obat-obatan. Semua rata-rata sudag punya gadget, itu dimanfaatkan, tidak perlu marah-marah. Pokoknya bahagia,” pungkas Ganjar.

Kunjungan kerja Ganjar Pranowo di Kabupaten Pekalongan, didampingi Bupati Pekalongan Aship Kholbihi. Ganjar melakukan kunjungan kerja di Internasional Batik Center (IBC), Pondok Pesantren dan Pasar Kedungwuni.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *