Semua Jalur Sudah Siap Dilalui Pemudik

Zombiedefense.org – Hingga saat ini ruas tol Soker masih belum juga selesai digarap. Namun rencananya salah satu jalurnya akan digunakan untuk dilalui pemudik pada musim mudik nanti.

“Ini untuk mengantisipasi penumpukan atau kemacetan di jalur fungsional,” kata Dirlantas Polda Jateng Kombes (Pol) Baharuddin Muhammadsyah di Posko Lebaran pintu Ngasem jalan tol Solo-Kertosono (Soker), Rabu (14/6/2017).

Semua jalur di wilayah Jawa Tengah sudah siap menyambut pemudik, baik jalur utara, tengah, selatan maupun jalan tol.

“Kami sudah cek semuanya, mulai dari Brebes sampai sini. Semuanya sudah siap,” ujar Baharuddin.

Menurut dia, seluruh stakeholder bekerjasama dan berkoordinasi untuk menyiapkan semua kelengkapan menyambur arus mudik Lebaran tahun ini.

“Kelengkapan sudah siap semuanya, tinggal tergantung dari masyarakat. Saya harapkan kepada masyarakat tidak terfokus untuk melewati jalur fungsional,” katanya.

Dia mengatakan sekarang ini pemerintah sudah menyiapkan fasilitas jalan, baik jalur jalan tol, jalur tengah, jalur utara maupun jalur selatan di Jawa Tengah. “Silakan tentukan sendiri jalur yang paling dekat dengan tujuannya,” katanya.

Dia mengimbau pemudik untuk tetap mematuhi aturan lalulintas yang ada. Selain itu, pemudik diminta menyiapkan kondisi fisik dan kesehatan sebelum berangkat mudik. Selanjutnya kondisi kendaraan yang yang akan digunakan juga harus disiapkan dengan baik.

“Siapkan kendaraan dengan prima, bannya, remnya dan semua yang menyangkut kendaraan, siapkan dengan baik. Kemudian siapkan pula kebutuhan makanan di mobil,” pesan dia.

Mengenai BBM di tangki mobil dia meminta mencukupi. Jika mau masuk jalan tol maupun jika tinggal sedikit untuk segera diisi lagi. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang di jalan, sehingga tidak sampai kehabisan BBM.

“Saya harap tidak ada kemacetan lagi karena sudah siap semuanya,” tandasnya.

Baharuddin menambahkan Polda Jateng sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan pada arus mudik dan balik, termasuk keadaan darurat. “Semuanya sudah siap, personil, sarana prasana, sistem, koordinasi sudah siap semuanya. Pada H-10 (lebaran) nanti, kita uji coba jalur tersebut,” pungkasnya.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *